Rabu, 13 Juli 2011

HARI AIDS SEDUNIA 2001, "I CARE, DO YOU?"

 Kita Semua pernah denger AIDS khan? Kumpulan gejala penyakit yang disebabkan karena menurunnya/hilangnya sistem kekebalan tubuh kita. AIDS disebabkan karena HIV, yaitu virus yang memang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Di dunia AIDS sudah menyerang lebih dari 36 juta penduduk di dunia, laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda, bahkan bayi, semua warna kulit/ras, dan berbagai orientasi seksual. Di Indonesia, HIV/AIDS sudah menyerang pada lebih dari 2.313 orang sampai September 2001. Pada bulan Juli sampai September 2001 aja dilaporkan ada 163 orang terinfeksi. Ingat ya, itu adalah angka yang dilaporkan. Padahal kalau kita bicara soal angka ini, yang tercatat pasti tidak mencerminkan situasi yang sebenarnya, angka yang tidak diketahui tentu saja jauh lebih besar lagi. Kalau selama ini kalian masih menganggap bahwa AIDS hanya menyerang para pekerja seks aja, orang kulit hitam aja, atau homoseks aja, maka jelas kamu ketinggalan jaman, karena dari datanya menunjukkan bahwa ternyata siapa aja bisa terkena AIDS! Nah, karena AIDS begitu menghawatirkan, maka kita perlu bersatu dan bekerjasama untuk meningkatkan kepedulian. Mungkin udah banyak yang tahu ya, kalau tanggal 1 Desember adalah hari AIDS sedunia. Jadi pada hari itu, seluruh dunia akan bersama-sama melakukan kegiatan baik berupa renungan, penggalangan dana, dan memperkuat komitmen.

Apa itu Hari AIDS sedunia?

Hari AIDS sedunia adalah hal yang sangat penting dalam kaitannya dengan sejarah pandemi AIDS. Sejak tahun 1988 tanggal 1 Desember ditetapkan sebagai hari untuk membawa dan menyebarkan pesan kasih sayang, harapan, solidaritas, saling pengertian dan pemahaman mengenai AIDS ke semua negara di dunia.

Respon dan solidaritas ini diawali dengan diselenggarakannya pertemuan para menteri kesehatan dan program pencegahan AIDS seluruh dunia pada sanuari 1988 untuk mengembangkan komunikasi, memperkuat jaringan untuk saling bertukar informasi dan pengalaman, serta mengembangkan sikap toleransi. Sejak itu Hari AIDS Sedunia menerima berbagai dukungan dari berbagai lembaga dunia, termasuk PBB, pemerintah, masyarakat, dan individu seluruh dunia. Nah, kemudian setiap tahun hari itu merupakan satu satunya hari internasional untuk berkoordinasi melawan AIDS.

Tema tema Hari AIDS Sedunia

  Tiap tahun tema tema khusus dipilih untuk Hari AIDS Sedunia, dan selama 13 tahun ini tema tema tersebut adalah

2001 I care. Do you? ,

2000 AIDS : Men make a difference

1999 Listen, Learn, Live: World AIDS Campaign with Children and Young People

1998 Force For Change: World AIDS Campaign With Young People

1997 Children Living in a World with AIDS

1996 One World, One Hope

1995 Shared Rights, Shared Responsibilities

1994 AIDS and the Family

1993 Time to Act

1992 Community Commitment

1991 Sharing the Challenge

1990 Women & AIDS

1989 Youth

1988 Communication


Apa itu Kampanye AIDS sedunia?

Kampanye AIDS sedunia yang pertama diadakan tahun 1997, untuk menekankan bahwa AIDS bukan hanya perlu diprihatinkan sehari dalam setahun aja. Makanya sekarang kampanye AIDS sedunia tiap tahun mulai jauh lebih awal, dan puncaknya adalah tanggal 1 Desember. Sedanglan dalam tahun 2001 ini sebenarnya telah ditetapkan oleh UNAIDS bahwa kampanye AIDS sedunia dimulai pada tanggal 1 September 2001, dan berlangsung selama tiga bulan, sampai 1 Desember 2001.

RED RIBBON

Red Ribbon, atau pita merah adalah simbol atau lambang kepedulian terhadap AIDS,

yang disepakati secara internasional. Dipakai oleh orang-orang seluruh dunia sepanjang tahun, khususnya sekitar hari AIDS sedunia untuk menunjukkan kepedulian dan perhatian kita terhadap AIDS dan HIV, serta buat mengingatkan yang lain betapa pentingnya dukungan serta komitmen mereka dalam upaya pencegahan AIDS di dunia.
Red Ribbon ini dulunya merupakan upaya awal terhadap peningkatan kepedulian, sekarang sih enggak ada bentuk red ribbon yang resmi dan baku, dan banyak orang bikin red ribbon sesuai dengan kreativitasnya sendiri. Ada yang bikin dari potongan kertas, pita, dibuat dari plastik, dari logam untuk pin, misalnya, dll. Pokoknya menggambarkan pita berwarna merah. Kalau kamu mau bikin sendiri, bisa dimulai dari pita merah sepanjang 15 cm, kemudian lipat di tengahnya sehingga membentuk huruf V terbalik, lalu pasang peniti supaya bisa dipasang di baju/ T-shirt kamu. Dengan memakai tanda Red Ribbon ini, maka kamu sudah menjadi bagian dari orang-orang di dunia yang peduli terhadap upaya penanggulangan AIDS di dunia.

Apa yang bisa kita lakukan pada Hari AIDS Sedunia ?

Selain pakai Red Ribbon untuk meningkatkan kepedulian kita, apa lagi yang bisa dilakukan menjelang hari AIDS sedunia? Yang jelas kamu bisa melakukan banyak hal untuk menarik minat banyak orang agar mau berdiskusi, cari informasi, dll mengenai apa itu AIDS, bagaimana cara penularannya, dan bagaimana menghindarinya.

Coba beri tanda pada kalendermu tanggal 1 Desember 2001. Hal ini penting lho, soalnya

Bayangin deh, pada tahun 2000 yang lalu aja, UNAIDS memperkirakan telah ada 5.300.000 orang terinfeksi baru pada tahun lalu, dan berarti udah sekitar 36.100.000 orang di dunia yang telah terinfeksi HIV.

Pendidikan adalah alat utama kita untuk meningkatkan kepedulian diantara remaja.

Penelitian medis terhadap penyakit ini sangat diperlukan terus berkembang untuk menemukan cara pengobatan dan menurunkan angka penularan. Sumbangan dana dari berbagai pihak sangat diperlukan.

Hal ini akan sangat bermanfaat bagi generasi mendatang.

Apa lagi yang bisa kita lakukan?

Di kampus, sekolah atau tempat kerja kamu

Pasang poster-poster tentang AIDS

Usahakan semakin banyak orang membahas AIDS

Jual Red Ribbon untuk menggalang dana

Bikin acara lomba debat/quiz

Adakan ceramah tentang AIDS

Sebarkan booklet atau brosur tentang AIDS

Pokoknya lakukan apa aja, yang penting kreatif ya!

PASANG DISPLAY

Kamu dan beberapa teman di sekolah atau organisasimu, bisa bikin display berupa "stand" kecil dilengkapi dengan spanduk kecil tentang AIDS, terus bagi bagi brosur gratis, liflet, atau sambil kasih informasi kalau ada yang tanya-tanya soal AIDS (makanya kalau belum banyak tahu baca-baca dulu ya). Kamu bisa bikin brosur sendiri, atau minta ke lembaga swadaya masyarakat (LSM) terdekat di daerahmu yang bergerak di bidang ini, misalnya PKBI atau instansi pemerintah misalnya Depkes, BKKBN, dll.

KUMPULIN DUIT

Banyak lembaga yang bergerak dibidang penanggulangan AIDS, yang mereka tentu saja membutuhkan dana untuk melakukan pelayanan dan aktivitasnya. Kalau kalian bisa mengumpulkan dana dari beberapa orang dan ingin berperan dalam upaya penanggulangan AIDS di kotamu, kalian bisa menyumbangankan dana itu kepada mereka, atau kalau tidak, uang itu bisa dipakai untuk bikin kegiatan sendiri yang berkaitan dengan kepedulian terhadap AIDS, atau bisa dengan cara lain yang sesuai dan bermanfaat.

Nah, temen temen sudah waktunya kita semakin peduli terhadap hal hal yang terjadi di sekeliling kita, termasuk pandemi AIDS ini, yang kalau kepedulian kita semakin berkurang, berarti ancaman AIDS akan semakin besar, dan penyesalan tentu saja akan terjadi belakangan. Untuk hari AIDS sedunia kali ini, mari kita tunjukkan kepedulian kita dengan melakukan hal-hal yang kita mampu, biar kecil yang penting dilakukan dengan sepenuh hati, niscaya akan memberikan manfaat yang berarti. Amin.

Guntoro Utamadi, PKBI Pusat.

{ Dapatkan CD terapi gelombang otak untukmenurunkan berat badan,klik link di bawah ini.....}
Sumber : www.gelombangotak.com/menurunkan_berat_badan.htm

Label: , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda