Rabu, 13 Juli 2011

Gimana Diet yang baik?

Mira (32 tahun) sudah setahun ini berusaha menurunkan berat badannya. Segala macam bentuk diet dan olahraga telah ia jalani, namun, mengapa si lemak tidak pergi juga? Mengalami problem seperti Mira? Coba kenali teknik diet anda.

Hampir semua wanita mengalami masalah kegemukan seperti Mira. Namun, sebelumnya kita perlu tahu apakah tubuh kita tergolong kegemukan atau tidak. Seseorang menjadi gemuk apabila jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak daripada yang dikeluarkan. Kelebihan kalori itu disimpan dalam bentuk lemak. Kalau kelebihan lemak ini tidak segera dibuang, ia akan bertumpuk. Hal inilah yang menyebabkan gemuk.

Cara yang paling gampang adalah dengan teknik cubit. Angkat lengan keatas, cubit bagian yang menggelambir. Apabila tebalnya mencapai 2 cm, berarti anda layak disebut gemuk. Ada juga cara yang ilmiah. Menurut standar WHO, indeks massa tubuh orang Asia yang normal adalah 18,5-22,9. Indeks massa tubuh dapat diketahui dengan rumus: berat badan (dalam kg) dibagi dengan tinggi badan kuadrat (dalam meter). Apabila hasilnya lebih dari 22,9 berarti anda boleh waspada terhadap kegemukan.

Seiring dengan semakin kompleksnya masalah kegemukan ini, terdapat berbagai teknik diet. Namun, sebelumnya mencoba salah satu dari teknik ini sebaiknya anda berTerapi Otak terlebih dulu dengan dokter ahli gizi anda. Oya, Sebelum melakukan diet, anda juga perlu menetapkan tujuan utamanya. Apakah untuk mempercantik penampilan atau hanya menyenangkan pasangan. Kalau tujuan kedua yang anda pilih, hati-hati lho, anda bisa berhenti ditengah jalan. Misalnya, ketika anda sedang marah dengan pasangan, anda cenderung tidak konsisten pada tujuan untuk menyenangkannya. Padahal, konsisten adalah kata kunci keberhasilan diet anda.

Diet rendah kalori dan tinggi protein
Pencipta diet ini percaya bahwa kalori yang dibutuhkan oleh tubuh yang berasal dari protein sebesar 90 %. Jadi anda diharapkan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan berprotein tinggi. Keuntungan dari diet ini adalah memberi efek rasa kenyang yang cukup lama, sehingga proses penurunan berat badan berlangsung cepat. Namun, hal ini hanya berlaku sekitar 2 minggu pertama. Selanjutnya penurunannya lambat. Ikan dan hasil laut lainnya biasanya disarankan untuk dikonsumsi.Efek negatif diet ini adalah apabila dilakukan dalam jangka waktu lama akan membahayakan fungsi ginjal.

Diet rendah kalori dan tinggi lemak
Kunci utama diet ini adalah makanan yang masuk ke dalam tubuh harus dapat menyebabkan pembakaran lemak. Seseorang yang melakukannya diharapkan untuk mengkonsumsi makanan berlemak tinggi dan mengandung karbohidrat yang tinggi. Selain itu makanan yang mengandung protein juga disarankan. Kekurangan dari diet ini adalah meningkatnya kadar lemak dalam darah. Hal ini bisa menyebabkan penyakit jantung koroner. Penyakit radang persendian juga mungkin akan timbul karena kadar asam urat darah juga meninggi.

Diet rendah kalori dan tinggi serat.
Penganjur diet ini menyarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat tinggi. Serat makanan ini banyak terdapat pada berbagai jenis sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, beras dan gandum. Hasil olahan seperti tempe dan tahu juga disarankan untuk banyak dikonsumsi. Keuntungan dari diet ini adalah efek rasa kenyang yang lebih lama. Diet ini juga menyehatkan. Namun, apabila tidak diimbangi dengan olahraga yang teratur, proses penurunan berat badan akan berjalan lambat.

Diet tinggi protein dan tinggi lemak.
Dalam diet ini semua makanan sumber karbohidrat dilarang untuk dikonsumsi. Makanan tersebut adalah roti, nasi, kentang dan sejenisnya. Sebagai gantinya makanan yang berprotein tinggi sangat disarankan. Daging, ikan dan telur adalah contoh makanan yang disarankan. Rendahnya kandungan karbohidrat didalam tubuh mendorong penggunaan lemak sebagai sumber energi. Diet ini tidak dianjurkan untuk dilakukan dalam jangka waktu lama, karena pada kasus yang ringan akan menyebabkan tubuh menjadi lemas karena penggunaan lemak tubuh ini menghasilkan keton. Zat ini dapat memicu dehidrasi dan rasa mual, dalam kasus yang berat dapat memicu gagal ginjal.

Diet tinggi serat
Dasar pemikiran penganjur diet ini adalah pencernaan manusia dapat bekerja dengan maksimal apabila makanan yang dikonsumsi banyak mengandung serat. Selain itu, makanan yang mengandung serat tinggi biasanya memberikan efek mengenyangkan seperti sayuran, buah-buahan, dan daging. Namun untuk menjamin keberhasilan diet ini, daging yang hendak dikonsumsi sebaiknya yang rendah lemak atatu tidak mengandung lemak sama sekali. Apabila penganut diet ini hendak makan roti, disarankan untuk memilih roti gula alias brown bread, gula diganti dengan madu dan apabila masih ingin makan nasi sebaiknya berasnya ditumbuk terlebih dulu. Diet ini aman untuk dilakukan.
bnes/dari berbagai sumber.

Sindrom Yoyo

Seperti namanya. sindrom ini akibat dari diet yoyo yang sering dilakukan. Diet yoyo terjadi apabila seseorang tidak konsisten dalam menjalankan dietnya. Hal ini menyebabkan berat badannya bisa mendadak naik dan cepat pula mendadak turun. Sindrom yoyo mengakibatkan metobolisme tubuh terhambat.

Pada penurunan berat badan yang drastis sebagian lemak tubuh di jaringan otot ikut terbakar. Padahal jaringan tubuh inilah yang banyak menentukan kebutuhan energi di dalam tubuh. Jika berat badan naik setelah diet, yang bertambah banyak bukan jaringan otot, melainkan lemak. Seseorang yang terkena sindrom yoyo biasanya lepas kontrol setelah menjalani diet ketat. Ini diwujudkan dengan memakan semua pantangan dalam dietnya. Selera makan menjadi tidak tekendali. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami kelebihan energi. Program diet yang baru tidak mampu untuk menguranginya.

Untuk mencegah terjadinya sindrom yoyo, sebaiknya diet dilakukan secara konsisten. Olah raga yang teratur juga sangat diperlukan untuk mengimbanginya. Jogging, aerobik, bersepeda, dan jalan kaki sangat disarankan karena dapat mengencangkan otot sehingga membantu peningkatan metabolisme tubuh. Sindrom yoyo juga dapat dicegah dengan melakukan diet yang tidak terlalu ketat. Apabila penurunan berat badan yang terjadi selama diet sebesar 1,5 % dari berat badan semula per minggunya, berarti diet yang anda lakukan sudah tepat. .
Sumber: Tabloid Ibu & Anak.

{ Dapatkan CD terapi gelombang otak untuk menambah nafsu makan ,anak2 & dewasa,klik link di bawah ini........}
Sumber : www.gelombangotak.com/menambah_nafsu_makan_anak.htm

Label: , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda